A. Pengertian Pendidikan Islam
Pengertian pendidikan
dengan seluruh totalitasnya dalam konteks Islam inheren dengan konotasi istilah
“tarbiyah, ta’lim, dan ta’dib” yang harus dipahami secara bersama-sama. Ketiga istilah ini mengandung makna yang mendalam menyangkut
manusia danmasyarakat serta
lingkungan yang dalam hubungannya dengan Tuhan saling berkaitan satu sama lain.
Istilah-istilah itu pula sekaligus menjelaskan ruang lingkup pendidikan Islam:
informal, formal dan non formal.
Hasan Langgulung
merumuskan pendidikan Islam sebagai suatu proses penyiapan generasi muda untuk
mengisi peranan, memindahkan pengetahuan dan nilai-nilai Islamyang diselaraskan dengan
fungsi manusia untuk beramal di dunia dan memetik hasilnya
diakhirat.
Dari berbagai
literatur terdapat berbagi macam pengertian pendidikan Islam. Menurut Athiyah
Al-Abrasy, pendidikan Islam adalah mempersiapkan manusia supaya hidup dengan
sempurna dan bahagia, mencintai tanah air, tegap jasmaninya, sempurna budi pekertinya,
pola pikirnya teratur dengan rapi, perasaannya halus, profesiaonal dalam
bekerja dan manis
tutursapanya.
Sedang Ahmad D.
Marimba memberikan pengertian bahwa pendidikan Islam adalah bimbingan jasmani dan rohani berdasarkan
hukum-hukum islam menuju kepada terbentuknya kepribadian utama menurut
ukuran-ukuran Islam.
Sedangkan menurut Syed
Muhammad Naquib Al-Attas, pendidikan adalah suatu proses penamaan sesuatu ke
dalam diri manusia mengacu kepada metode dan sistem penamaan secara bertahap, dan kepada manusia penerima proses dan kandungan pendidikan tersebut.
Dari definisi dan pengertian itu ada
tiga unsur yang membentuk pendidikan yaitu adanya proses, kandungan, dan penerima. Kemudian
disimpulkan lebih lanjut yaitu ” sesuatu yangsecara bertahap
ditanamkan ke dalam diri manusia”.Jadi definisi pendidikan Islam adalah,
pengenalan dan pengakuan yang secara berangsur-angsur ditanamkan ke dalam diri manusia, tentang
tempattempat yang tepat dari segala sesuatu di dalam tatanan penciptaan, sehingga membimbing
ke arah pengenalan danpengakuan tempat
Tuhan yang tepat di dalam tatanan wujud dan kepribadian. Jadi pendidikan ini hanyalah untuk manusia saja.
Kembali kepada
definisi pendidikan Islam yang menurut Al-Attas diperuntutukan untuk manusia saja. menurutnya pendidikan
Islam dimasukkan dalam At-ta’dib, karena istilah ini paling tepat digunakan untuk menggambarkan pengertian pendidikan itu, sementara istilah tarbiyah
terlalu luas karena pendidikan dalam istilah ini mancakup juga pendidikan
kepada hewan. Menurut Al-Attas Adabun berarti pengenalan dan pengakuan tentang
hakikat bahwa pengetahuan dan wujud bersifat teratur secara hierarkis sesuai dengan beberapa tingkat dan tingkatan derajat
mereka dan tentang tempat seseorang yang tepat dalam hubungannya dengan hakikat itu serta dengan kepastian dan potensi jasmaniah,
intelektual, maupun rohaniah seseorang.
Dari pengertian
Al-Attas tersebut dibutuhkan pemahaman yang mendalam, arti dari pengertian itu adalah, “pengenalan” adalah menemukan
tempat yang tepat sehubungan denagn apa yang dikenali, sedangkan “pengakuan” merupakan tindakan yang bertalian dengan pengenalan tadi. Pengenalan tanpa pengakuan adalah
kecongkakan, dan pengakuan tanpa pengenalan adalah kejahilan belaka. Dengan kata lain ilmu
dengan amal haruslah seiring. Ilmu tanpa amal maupun amal tanpa ilmu adalah
kesia-siaan. Kemudian tempatyang tepat adalah kedudukan dan kondisinya dalam
kehidupan sehubungan dengan dirinya, keluarga, kelompok, komunitas dan masyarakatnya,
maksudnya dalam mengaktualisasikan dirinya harus berdasarkan kriteria Al-Quran
tentang ilmu, akal, dankebaikan (ihsan) yang selanjutnya mesti
bertindak sesuai dengan ilmu pengetahuan secara positif, dipujikan serta
terpuji.
B. Dasar–DasarPendidikan
Islam
1.
Al-Qur’an
Ayat Al-Qur’an yang pertama kali turun adalah berkenaan masalah pendidikan di samping juga masalah keimanan. Allah berfirman yang artinya:
“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah dan Tuhanmulah Yang Paling Pemurah, yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” (QS. Al-Alaq : 1-5).
Ayat Al-Qur’an yang pertama kali turun adalah berkenaan masalah pendidikan di samping juga masalah keimanan. Allah berfirman yang artinya:
“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah dan Tuhanmulah Yang Paling Pemurah, yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” (QS. Al-Alaq : 1-5).
2.
As-Sunnah
As Sunnah adalah dasar kedua sesudah Al-Qur’an terhadap segala aktivitas umat Islam termasuk aktivitas dalam pendidikan.
As Sunnah adalah dasar kedua sesudah Al-Qur’an terhadap segala aktivitas umat Islam termasuk aktivitas dalam pendidikan.
Banyak hadits yang berhubungan dengan pendidikan di antaranya Rasulullah
SAW. Bersabda :
مَنْ كَتَمَ عِلْمًا
اَلْجَمَهُ الله ُبِلِجَامٍ مِنَ النَّارِ (رواه ابن ماجه)
Artinya : “Barang siapa yang menyembunyikan ilmunya maka Tuhan akan mengekangnya dengan kekang berapi.” (HR. Ibnu Majah)
Artinya : “Barang siapa yang menyembunyikan ilmunya maka Tuhan akan mengekangnya dengan kekang berapi.” (HR. Ibnu Majah)
3.
Al Ijtihad
Yang dimaksud Ijtihad dengan kaitannya sebagai dasar pendidikan Islam adalah usaha sungguh-sungguh yang dilakukan ulama Islam di dalam memahami nas-nas Al Qur’an dan Sunnah Nabi yang berhubungan dengan penjelasan dan dalil tentang dasar pendidikan Islam, sistem dan arah pendidikan Islam.
Yang dimaksud Ijtihad dengan kaitannya sebagai dasar pendidikan Islam adalah usaha sungguh-sungguh yang dilakukan ulama Islam di dalam memahami nas-nas Al Qur’an dan Sunnah Nabi yang berhubungan dengan penjelasan dan dalil tentang dasar pendidikan Islam, sistem dan arah pendidikan Islam.
Kesimpulan
Dengan pemaparan definisi pendidikan islam di atas dapat disimpulkan bahwa definisi pendidikan islam adalah proses pembentukan kepribadian manusia kepribadian islam yangluhur. Bahwa pendidikan islam bertujuan untuk menjadikannya selaras dengan tujuan utama manusia
Dengan pemaparan definisi pendidikan islam di atas dapat disimpulkan bahwa definisi pendidikan islam adalah proses pembentukan kepribadian manusia kepribadian islam yangluhur. Bahwa pendidikan islam bertujuan untuk menjadikannya selaras dengan tujuan utama manusia
menurut islam, yakni beribadah kepada Allah swt.
Oleh : Tati Saptaningsih
http://mabadik.wordpress.com/2010/07/06/pengertian-dan-dasar-dasar-dan-tujuan-ilmu-pendidikan-islam/
http://islamiced.wordpress.com/tugas/ilmu-pendidikan-islam/pengertian-dasar-dan-tujuan-pendidikan-islam/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar